Senin, 19 Oktober 2009

Sumpah Pemuda



Sumpah Pemuda

Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928


Bagaimanakah implementasi sumpah pemuda dalam kehidupan kita saat ini???? Menurut saya saat ini remaja sangat tidak peduli dengan sumpah pemuda, apa sich sumpah pemuda itu??? kuno!!! dan hanya sekedar sebagian sejarah dari terbentuknya bangsa Indonesia,.... hafal isinya saja tidak apalagi penerapannya!!!

Dalam artikel kali ini saya hanya akan membahas sedikit bagaimana cara mengembalikan moment sumpah pemuda . Sebagai remaja mungkin rasa nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia semakin berkurang, namun dengan adanya perayaan bulan bahasa dapat sedikit memberikan kontribusi tentang sejarah bangsa Indonesia. Kebanyakan remaja saat ini melupakan sejarah bangsanya dan terbuai dengan fasilitas modern yang lebih menjerumuskan ke hal-hal yang merusak bangsa.

Didalam bulan bahasa, diadakan lomba-lomba yang dapat mengembangkan bakat remaja Indonesia dalam bidang menulis karya sastra, seperti cerpen, drama, dan pidato, yang pada umumnya mengarahkan kepada sikap nasionalisme dan bagi anak-anak yang mengambil tema nasionalisme akan kembali mengingat masa lalu tentang perjuangan bangsa. Dan dalam perayaan Bulan Bahasa anak putri diwajibkan memakai kebaya, hal ini membuktikan bahwa kita bertanah air satu yaitu bangsa indonesia, karena kebaya hanya ada di Indonesia. Semoga perayaan bulan bahasa akan terus berlangsung setiap tahun. Walaupun hanya memberi kontribusi sedikit, tapi setidaknya dapat mengembalikan moment/sejarah terbentuknya bangsa Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar